Cari di Web ini

Pengaruh pH Tanah Pada Tanaman dan Alat Ukur pH Tanah Harga Bawah 1 Juta

Tanah merupakan media dalam bercocok tanam. Untuk menumbuhkan tiap tanaman, sudah lazim diketahui pada tanaman akan mneyerap unsur hara dari tanaman. Kondisi tanaman dipengaruhi oleh banyak atau sedikit unsur hara yang dibutuhkan oleh tanaman, dan kondisi ketersediaan di area tanam tersebut.

Meski kandungan unsur hara dan tingkat kesuburan tanah berperan penting dalam proses pertumbuhan dan perkembangan tanaman, namun ada faktor lain yang cukup penting yang mempengaruhi yaitu derajat keasaman tanah(pH tanah).

Ilustrasi Tanah. Sumber : Gabriel Jimenez on Unsplash

 pH adalah tingkat asam/baca suatu zat yang diukur dengan skala pH antara 0 hingga 14. Suatu zat/material  dikatakan bersifat asam jika angka skala pH kurang dari 7 dan disebut basa jika skala pH lebih dari 7. Jika skala pH adalah 7 maka benda tersebut bersifat netral, tidak asam maupun basa.

Larutan asam (biasanya dihitung skala (0-6) yaitu : Terasa masam, Bersifat korosif, Dapat memerahkan kertas lakmus biru, Larutan dalam air dapat mengantarkan arus listrik, Menyebabkan perkaratan logam (korosif). Contoh larutan Asam : Air jeruk, Hidrogen Klorida/Asam Klorida (HCL), Tembaga(II) Sulfat (CuSO4), Alumunium Sulfat (AlSO4) dllContoh cairan bersifat basa: Air laut, cairan pemutih dll.

Larutan basa (biasanya dihitung skala (8-14) yaitu : Rasanya pahit, Bersifat licin, Dapat membirukan kertas lakmus merah, Larutan dalam air dapat mengantarkan listrik, Jika mengenai kulit, maka kulit akan melepuh (kaustik Contoh larutan basa : Air Sabun, Amoniak (NH3), Soda Api/Natrium Hidroksida (NaOH),Natrium Karbonat (Na2CO3)

Contoh larutan netral (biasanya dihitung skala (7): Alkohol/Ethanol, garam (Natrium Klorida=NaCl), Amonium Klorida, Air abu, air murni dll

Kadar keasaman tanah (pH) sangat mempengaruhi tanaman untuk tumbuh kembang dan mempengaruhi tingkat kesuburan tanah. Ukuran pH antara 0-14. Tanah dengan pH 0-7 bersifat asam, sedangkan pH 7-14 bersifat basa. Tanah dengan pH rendah ataupun tinggi akan mempersulit tanaman menyerap unsur hara. Artinya, tanaman mampu menyerap optimal unsur hara tersebut pada kondisi pH netral, yakni 7. Perkecualian beberapa tanaman yang masih mempunyai ketahanan terhadapa tanah dengan pH dengan nilai hingga 5.

Pemicu tanah menjadi lebih asam (pH lebih rendah) beberapa faktor penyebab antara lain:
- Curah hujan yang tinggi mengakibatkan tercucinya unsur hara pada tanah, kemudian berimplikasi pada terbentuknya tanah asam.
- Adanya unsur Al (aluminium), Cu (tembaga) dan Fe (besi) yang berlebihan.
- Air yang tergenang secara terus menerus pada lahan karena tata air atau drainase yang tidak baik.
- Dekomposisi bahan organik yang mengeluarkan kalsium dari dalam tanah.
- Penggunaan pupuk kimia yang berlebihan.
- Secara umum tanah dengan pH rendah merupakan tanah dengan kekurangan kalsium dan magnesium.

Jika larutan tanah terlalu asam, tanaman tidak dapat memanfaatkan N, P, K dan zat hara lain yang mereka butuhkan. Pada tanah asam, tanaman mempunyai kemungkinan yang besar untuk teracuni logam berat yang pada akhirnya dapat mati karena keracunan tersebut.

Untuk mengetahui pH tanah yang paling akurat adalah menggunakan sebuah alat pengukur pH yang disebut dengan pH meter. Namun sayangnya, banyak petani yang tidak memiliki alat ini. Mungkin karena "merasa" harganya yang cukup mahal atau kurangnya pengetahuan tentang pentingnya mengetahui pH tanah. 

Padahal pengetahuan tentang derajat keasaman tanah sangat berperan dalam keberhasilan suatu budidaya tanaman. Tanaman tidak akan tumbuh dan berproduksi dengan maksimal jika tanah dalam kondisi asam maupun basa. Dengan mengetahui pH tanah, petani bisa menentukan skala pH yang ideal untuk pertumbuhan dan perkembangan tanaman. 

Untuk alat ukur pH tanah saat ini sudah banyak sekali dengan harga yang lebih murah. Bahkan jika membeli peralatan pengukuran tanah, biasanya pengukuran pH menjadi salah satu aksesoris wajib yang ditambahkan. Meski demikian, berikut ini adalah beberapa alat ukur pH tanah yang cukup murah yang bisa dibeli dengan harga di bawah 1 juta rupiah.

 1. Alat Ukur Tanah 4 in 1

Alat Ukur Tanah 4 in 1

Alat ini berfungsi untuk para petani atau yang hobby menanam tanaman, karena dengan alat ini Anda dapat mengukur temperature dan kelembaban tanah, mengetahui tanah kering atau basah untuk menentukan tanaman yang cocok dan menjaga kesuburan tanaman.

Dengan alat ini Anda dapat mengukur sunlight (9 level), soil moisture (5 level), soil PH (12 Level) dan temperature (C&F).

Panjang sensor : 20 cm

Daya jangkau pH Tanah : (12 levels) 3.5 ~ 9.0pH

Harga : Rp 140.000 s/d Rp 150.000




2. Alat Pengukur Tingkat Keasaman PH Tanah 2in1

Alat pengukur ini sebenarnya untuk mengukur 2 hal :

- pH Tanah

- Fertility

Panjang Sensor 8 cm

Dimensi : Size 10cm * 8cm*9 cm
Battery Voltage: 9 (V)

Tampilan : analaog (jarum penunjuk)

Soil pH  Range: Kira -kira  0 - 9.0 pH
Accuracy: About ±0.25 pH 20℃±0.2 pH

Harga : Rp 250.000 s.d 350.000


 

3. Alat Pengukur Tingkat Keasaman PH Tanah 3in1

Dengan alat ini Anda dapat mengukur sunlight (9 level), soil moisture (5 level) dan soil PH (12 Level).


Panjang sensor 18 cm
Range pengukuran pH : Kira kira  3.5 - 8.0 PH
Akurasi :  ±0.25 pH    20℃±0.2 pH

 Tampilan Pengukuran : Analog (Jarum)


Catatan : sensornya mudah patah karena itu jangan dipaksa jika ada batu. 

Harga : Rp 40.000 s.d 150.000,-


3. Alat Pengukur  PH Tanah  PH-98103

Alat ukur pH ini cukup generik, karena bisa digunakan di berbagai material termasuk air. 

Tampilan hasil pengukuran : LCD

Measure Range: 0.00~14.00PH

Accuracy: ±0.1PH(at 20℃), ±0.2PH

Resolution: 0.01PH

Operating Temperature: 0℃~50℃

 





4. Alat Pengukur  PH Tanah VT-5

Bagi yang sudah tahu produk pH meter Tanah dair Takemura mungkin akan bingung melihat alat ukur ini, karena bentuknya nyaris sama. Bisa dibilang ini adalah tiruannya, yang dibuat dari pabrikan China.Harganya pun 3 kali lebih murah dari pada aslinya.

 Range pH: 3 - 8 pH
PH accuracy: 0.3
Resolution: 0.2ph
Operating temperature: 55 deg Celcius

Display : Jarum (Analog)

Rentang harga : Rp 450.000 s/d 550.000


Postingan Populer

Low Temperature - Humidity Seed Cabinet

Ekman Grab / Ekman Dredge

Panci Penguapan - Evaporation Pan Class A